Bupati Pulang Pisau Apresiasi Pelatihan Kewirausahaan Pemuda

 

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN: Penyematan tanda peserta pelatihan -Foto dok IST


BORNEOTREND.COM- Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang (9/5/2023) mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi para pemuda yang ada di kabupaten setempat.

Menurutnya, dengan diadakan kegiatan tersebut terkait pembangunan kepemudaan melalui pelatihan kewirausahaan ini bisa menciptakan pemuda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa. Selain itu juga bisa menjadi pemuda yang kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan.

Pudjirustaty mengungkapkan dalam pembangunan suatu negara hakikatnya memiliki tujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, yang menjadi landasan munculnya program-program nasional adalah mengatasi kemiskinan dan pengangguran.

Terkait kemiskinan dan pengangguran, sebut Pudjirustaty, dapat dipandang sebagai ketidakmampuan, dan keterampilan dalam bekerja. Dengan adanya program pendidikan kecakapan hidup terutama menciptakan pekerjaan dan wirausaha, menjadi salah satu strategi yang diharapkan bisa mengantisipasi permasalahan tersebut.

Pudjirustaty menjelaskan, pendidikan kecakapan hidup untuk penciptaan pekerjaan dan wirausahawan itu dapat dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan kepada masyarakat yang membutuhkan yang pastinya bisa dijadikan sebagai bekal untuk bekerja ataupun berwirausaha.

Lanjutnya, saat ini di era globalisasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat. Hampir setiap saat perubahan selalu terjadi di setiap sektor kehidupan masyarakat yang diyakini sebagai akibat dari pesatnya kemajuan dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Disisi lainnya, disepakatinya kawasan perdagangan bebas ASEAN menjadi permasalahan, sekaligus tantangan tersendiri dihadapi oleh setiap negara termasuk Indonesia.

Pudjirustaty meminta, para pemuda yang mengikuti kegiatan tersebut harus terus meningkatkan semangat kewirausahaan dalam kehidupan masyarakat yang ada di Kabupaten Pulang Pisau sehingga bisa mengatasi segala macam persoalan seperti pengangguran dan kemiskinan.

Ia juga berpesan, untuk seluruh peserta yang ikut pelatihan ini diharapkan harus mengikuti secara serius dan bersungguh-sungguh. Dikarenakan, kegiatan ini tentunya lebih menekankan pembentukan keterampilan yang kelak bisa  dijadikan modal di kemudian hari.

Penulis: Agerson

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال