Baclava, Camilan Khas Timur Tengah Yang Cocok di Makan Bersama Keluarga

 

MENARIK: Tampilan Baclava yang menggoda dan desain packingnya yang premium - Foto Dok Aboe

BORNEOTREND.COM- Dari awalnya gemar memakannya sebagai salah satu camilan  favorit saat berkumpul bersama keluarga, Muhammad Yusuf Mukti memberanikan diri untuk ikut berbisnis camilan manis khas Timur Tengah  Baclava mulai tahun 2022 lalu.

Muhammad Yusuf Mukti pun ternyata tidak salah, tekstur Baclava yang manis ternyata cukup digemari oleh masyarakat banjar. Terbukti hingga sekarang Baclava yang dijualnya laris manis dibeli oleh banyak orang.

“Kurang lebih sekitar 50 box lah bisa kita jual tiap bulannya. Baik itu penjualan secara online maupun offline,” ungkapnya.


Untuk online Muhammad Yusuf Mukti menjualnya melalui nomer whatsapp 0853 8669 7937 atau 0853 4693 6868. Kalau di instagram dirinya jualan di akun @kedaibaklava. 

“Sedangkan untuk offline kadang-kadang selepas subuh minggu kalau cuaca mendukung kami juga berjualan di samping Mesjid Al Jihad Banjarmasin,” tambahnya.


BERGAYA: Muhammad Yusuf Mukti saat memamerkan produk Baclava yang dijualnya - Foto Dok Aboe 


Baclava sendiri diakuinya begitu populer karena rasanya yang kaya dan memiliki lapisan yang lembut. Untuk bisa membuat Baclava sendiri tidak mudah, karena teknik pembuatannya yang rumit, dimana lembaran tipis adonan phyllo ditumpuk dengan hati-hati, diselingi dengan kombinasi kacang pistachio atau kacang ketawa, kemudian Baclava di siram dengan campuran madu, jus lemon dan air.

Baclava sendiri hadir dalam banyak variasi regional, masing-masing dengan sentuhan uniknya sendiri. Di Turki misalnya, resep Baclava klasik sering kali menyertakan campuran pistachio dan sirup gula yang dicampur dengan air mawar. Lalu untuk Baclava Yunani cenderung memiliki profil rasa yang lebih pedas, dengan kayu manis dan cengkeh yang menonjol. Kemudian negara-negara lain seperti Lebanon, Palestina, Mesir dan Iran juga memiliki variasi tersendiri.

“Kalau Baclava di tempat saya mempunyai 2 varian, yaitu Baclava Turki dan Palestina. Bedanya dari Baclava negara lain adalah terbuat dari bahan kacang yang digunakan dan penggunaan dark choco,” ungkapnya.


ENAK: Tekstur yang lembut dan isi yang beragam membuat Baclava kini jadi camilan favorit masyarakat - Foto Dok Aboe 

Ada pun harganya sendiri dijual dengan satuan per box. Untuk ukuran box besar dibanderol seharga Rp125 ribu sedangkan box kecil di banderol dengan harga Rp90 ribu.

“Ayo dibeli, enak tentunya dinikmati saat bersantai bersama keluarga,” tukasnya.

Penulis: Aboe

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال