Banjir di Kota Amuntai Meluap Hingga ke Jalan

 

TERGENANG AIR: Ruas jalan di Kota Amuntai tergenang air – Foto Dok Fathur

BORNEOTREND.COM – Sejumlah ruas jalan di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tergenang banjir dengan ketinggian yang berbeda, Minggu (2/4/2023).

Hal ini terjadi karena meluapnya sungai akibat air kiriman dari Kabupaten Tabalong dan Balangan.

"Ada beberapa jalan raya yang kena dampak genangan air semisal Jalan Raya Ahmad Yani Kelurahan Murung Sari atau samping Kantor Bupati HSU kemudian jalan di depan RSUD Pembalah Batung Amuntai, serta di sekitar PDAM Kabupaten HSU dan daerah lainnya," kata salah satu warga Kelurahan Murung Sari yang bernama Aman. 

Selain ke jalan, kata Aman, luapan air juga membanjiri ke permukiman warga karena aliran sungai yang ada di Kota Amuntai tidak bisa lagi menampung air karena curah hujan yang cukup tinggi mengguyur beberapa hari belakangan. 

"Kami tentunya khawatir dengan keadaan banjir yang sudah sampai di permukaan jalan raya dan sebagian ada membanjiri rumah khususnya warga yang tinggal di daerah bantaran sungai terutama di daerah Kelurahan Murung Sari. Banyak rumah yang terendam air di sekitaran depan kantor Samsat Amuntai,” sebutnya.

Aman kemudian berharap Pemerintah Kabupaten HSU memberikan bantuan sosial kepada warga karena hal ini sangat wajar sebab warga yang terdampak banjir tidak tahu kapan air akan mulai surut.

“Maka dari itu, kami berharap, Pemerintah Kabupaten HSU dan para instansi atau dinas terkait bisa mengatasinya, karena dalam setiap tahunnya Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) selalu terkena dampak banjir," pungkasnya.

Penulis: Fathur


Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال