Jokowi Mau Impor Beras Lagi 500 Ribu Ton

 

MENURUNKAN HARGA BERAS:  Impor Beras -Foto dok suara.com

BORNEOTREND.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana kembali untuk melakukan importasi beras sebanyak 500 ribu ton, langkah impor ini demi menurunkan harga beras lokal yang terus merangkak naik.

Hal tersebut diungkap oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI yang dikutip Kamis (16/3/2023).

"Kemarin dipimpin Bapak Presiden (Jokowi) kita sudah memutuskan kapan pun diperlukan kita bisa masuk lagi (beras) 500 ribu ton," kata Zulkifli dalam rapat tersebut.


Impor beras sebetulnya sudah pernah dilakukan pada Desember 2022 lalu. Kemendag memberi izin kepada Perum Bulog untuk mengimpor 500 ribu ton beras sebagai Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Seluruh beras itu pun kini sudah masuk ke Indonesia.

Meski begitu, Zulkifli menyebut beras masih mahal. Padahal, data selama ini menunjukkan produksi beras dalam negeri surplus.

"Beras ini belum berhasil kita turunkan sampai hari ini bahkan cenderung bisa naik dan naiknya enggak sedikit, sudah lebih dari Rp1.000, walaupun data katanya kita surplusnya banyak," tuturnya.

Oleh karena itu, ia mengaku khawatir dengan harga bahan pokok menjelang Ramadan. Pasalnya beberapa harga bahan pokok masih tinggi, terutama beras.

Sumber: suara.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال