Resmi Jabat MenPAN-RB, Azwar Anas Targetkan Digitalisasi di 3 Sektor Birokrasi

MENPAN-RB BARU: Sebagai Menteri PAN-RB di sisa jabatan periode 2019-2024. Azwar Anas mendorong digitalisasi di tiga sektor birokrasi - Foto Net.


BORNEOTREND.COM - Abdullah Azwar Anas berbicara mengenai fokus kerjanya sebagai Menteri PAN-RB di sisa jabatan periode 2019-2024. Azwar Anas mendorong digitalisasi di tiga sektor birokrasi.


"Saya kira ke depan tidak dapat dipungkiri birokrasi ini harus menuju next level, yaitu digitalisasi, digitalisasi apa saja? Digitalisasi struktur, kultur, dan kompetensi. Digitalisasi di 3 sektor ini tentu sangat mendasar," kata Azwar Anas di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022).


Azwar Anas bakal mendorong konektivitas sistem pemerintahan berbasis elektronik agar menghasilkan kebijakan maksimal. Dia mencontohkan mengenai anggaran kemiskinan di setiap lembaga.

"Beliau sudah menyampaikan sudah banyak anggaran kemiskinan misalnya ada Rp 520 triliun di 16 K/L. Kalau ini diintegrasikan, maka hasilnya akan mendorong target pencapaian sesuai dengan arahan presiden," ujar Azwar Anas.

Mantan Bupati Banyuwangi itu menjelaskan pada intinya bakal menerjemahkan visi misi Presiden Jokowi. Salah satunya terkait optimalisasi birokrasi agar benar-benar terlibat dalam penanganan kemiskinan hingga stunting.

"Kalau kita bagi habis kan bisa selesai. Intinya kami akan bekerja sesuai dengan arahan Bapak Presiden tadi, termasuk birokrasi yang melayani," ujar Azwar Anas.

Saat ditanya soal upaya menjaga netralitas ASN menjelang Pemilu 2024, Azwar Anas menjawabnya dengan berbicara produktivitas ASN. Dia ingin birokrasi itu benar-benar melayani masyarakat.

"Sekarang produktivitas ASN menjadi penting karena banyak ASN yang pensiun dan ini tentu ke depan perlu ada langkah-langkah bersama dengan kementerian/lembaga dan daerah. Karena peningkatan publik menjadi kunci, termasuk arahan beliau tadi, bagaimana pelayanan publik ini termasuk jemput bola ke masyarakat, perlu yang terus ditingkatkan," beber Azwar Anas.

Proses Penunjukan Jadi MenPAN

Dalam kesempatan itu, Azwar Anas menceritakan secara singkat mengenai proses penunjukannya menjadi menteri. Dia mengaku baru dihubungi pada malam kemarin.

"Saya tadi malam dihubungi oleh Sekretariat Negara dan kami ditanya posisinya di mana, kira-kira itu saja," ucap Azwar Anas.

Posisi Kepala LKPP

Azwar Anas juga ditanya mengenai Kepala LKPP baru yang akan menggantikannya. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

"Kami belum tahu, nunggu arahan Bapak Presiden," ujar Azwar Anas.

Sumber : detik.com
Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال