Pemkab Bersama Smile Train Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis di Barsel

PANTAU: penjabat Bupati Barsel Lisda Arriyana saat memantau pelaksanaan Operasi Bibir Sumbing Gratis di RSUD Jaraga Sasameh Buntok - Foto Nett 


BORNEOTREND.COM- Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) bersama Smile Train Indonesia dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kalteng serta sejumlah pihak, melaksanakan operasi bibir sumbing gratis, Jumat (23/9/2022) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jaraga Sasameh Buntok.

Pekerja sosial Smile Train Indonesia wilayah Kalteng Chris Philip Alesandro mengatakan, pihaknya sangat bersyukur di Kabupaten Barsel bisa dilaksanakan kembali bhakti sosial operasi gratis bibir sumbing dan sumbing langit-langit.

"Kita sangat bersyukur, karena di hari jadi ke-63 Barsel bisa kembali melaksanakan operasi bibir sumbing gratis di daerah ini," katanya.


Ia mengatakan, kegiatan hari ini merupakan pelaksanaan yang ke dua di Kabupaten Barsel, dan sebelumnya telah dilaksanakan pada 2018 lalu.

Menurut dia, untuk tim medis mitra Smile Train Indonesia dalam menangani operasi bibir sumbing dan sumbing langit - langit ini merupakan tim Yayasan Anugrah Sentosa dari Surabaya, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

"Untuk dokter yang melakukan operasi tersebut adalah dokter spesialis bedah plastik," terangnya.

Sebelum melakukan operasi sumbing dan operasi sumbing langit-langit, tim medis nantinya akan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu terhadap mereka yang akan menjalani operasi.

"Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah pasien memenuhi persyaratan medis untuk menjalankan operasi," tambahnya.

Sementara itu, penjabat Bupati Barsel Lisda Arriyana pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan bakti sosial operasi bibir sumbing gratis ini.

Kegiatan ini kata dia, merupakan bagian dari pembangunan kesehatan dan pada hakekatnya bakti sosial operasi bibir sumbing gratis itu bagian dari pembangunan nasional.

"Karena, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, sehingga terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya," tambahnya.

Baginya untuk pembangunan kesehatan itu merupakan upaya seluruh potensi bangsa Indonesia, baik masyarakat, swasta maupun pemerintah.

"Pada hari ini, kita menyaksikan semua upaya tersebut dalam bentuk pelaksanaan kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing yang dilaksanakan oleh Smile Train bekerjasama sejumlah pihak dan pemkab Barsel," timpalnya.

Dilain pihak, Ketua IWO Kalteng Deni Liwan mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama pihaknya dengan Smile Train Indonesia, Yayasan Anugrah Sentosa, PT. Ciliandy Anky Abadi (CAA) Group, PT Bank Kalteng Cabang Buntok dan HIPMI Kalteng.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Barsel melalui RSUD Jaraga Sasameh Buntok yang sudah memfasilitasi tempat dan ruang operasi," bebernya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada ketua DPRD Barsel HM Farid Yusran yang juga penasehat kepanitiaan bhakti sosial yang sudah membantu serta mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

"Termasuk kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya operasi bibir sumbing gratis ini," tuturnya.

Dirinya juga berharap, bakti sosial seperti ini dapat terus dilaksanakan dalam rangka meringankan beban masyarakat kurang mampu.

"Sebab, hal itu merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat khususnya di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini," tukasnya.

Sumber: kalteng.antaranews.com

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال